Breaking News

Bolehkah Berbeda Pendapat Dalam Agama....?











Dalam realitas kehidupan sehari-hari sering kita dapatkan orang-orang yang berbeda pendapat satu sama lain,  baik dalam masalah politik,  sosial, budaya, juga masalah agama.

Sikap seerorang didalam menghadapi orang yang berbeda  pendapat ada tiga kelompok.

Pertama, bersikap dan berfikir,  bahwa orang yang berbeda pendapat itu adalah mitra  berpikir kritis,  mitra untuk mencari kebenaran, mitra mengasah dan
memperdalam ilmu yang dia miliki, sehingga dia merasa bahagia ketika bertemu dengan orang yang berbeda pendapat dan menghormati orang yang berbeda pendapat. Didalam berbicara  menggunakan kata-kata yang baik,  benar dan  menghargai orang lain yang berbeda pendapat.  Kelompok ini disebut al-uqala'.  yaitu orang-orang yang mempunyai akal kertas.

Kedua, orang yang menganggap orang yang berbeda pendapat  musuh. sehingga bersikap kasar kata-kata yang kasar atau menggunakan kata-kata yang dapat merendahkan orang-orang yang berbeda pendapat. Bahkan kadang-kadang  berusaha  menghancurkan orang-orang yang berbeda pendapat. Kelompok ini  disebut al-hamqa',  yaitu orang-orang yang sembrono.

Ketiga, orang yang menganggap orang yang berbeda pendapat dalam masalah agama,  bahkan juga dalam masalah politik atau sosial dianggap musuh Tuhan. Ketika orang ini berbeda pendapat dengan orang lain dalam memahami teks agama. maka orang yang beda pendapat dianggap meninggalkan ajaran agama atau menentang ajaran agama bahkan dianggap murtad.   Kelompok ini disebut  muthathurrifin,  yaitu kelompok radikal.

Dengan demikian kelompok yang paling baik dalam menghadapi orang yang berbeda pendapat adalah kelompok dimana ketika dia beda pendapat dengan orang lain,  maka mampu berdialog dengan sikap yang lebih baik dan  menggunakan argumen yang baik dan sistematis, bahkan mampu mengambil kebenaran dari orang lain. Mereka selalu  mencari kebenaran yang didasarkan pada  dalil-dalil kuat dan metode yang baik.@Abdul Wadud Nafis Lc ( dewan pengawas syari'ah BMS_I )
Wallahu A'lam Bishawab

No comments

Formulir Donasi

KONTAK KAMI

Silahkan isi formulir di bawah ini untuk menghubungi kami

Name

Email

Message