Breaking News

KESUKSESAN SEORANG SANTRI


MAKNA SANTRI SUKSES
Abdul Wadud Nafis
Setiap santri yang belajar di pondok pesantren pasti menginginkan menjadi santri yang sukses, dengan menjadi santri yang sukses, maka hidupnya bahagia,  bermanfaat pada orang lain dan dapat membahagiakan kedua orang tuanya. Yang menjadi pertanyaan, apa definisi santri, apa yang dimaksud dengan santri  sukses dan bagaimana cara menjadi santri  sukses

Definisi Santri
 Santri adalah orang yang belajar di pondok pesantren,  mempelajari ilmu agama dan berpegang teguh kepada al-qQur'an, Hadis, Ijma' dan qiyas serta berakhlak dengan akhlak yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW, para sahabat dan para ulama Salafus Sholeh.

Santri Sukses
 Santri sukses adalah santri yang mempunyai ilmu yang banyak dan  manfaat dan barokah.  Santri yang sukses itu mendapat  dua,  sukses di pondok pesantren dan juga sukses Ketika pulang ke masyarakat. Pertama, sukses ketika betada di  pondok pesantren,. Dia mempunyai ilmu yang banyak,  ilmu yang mendalam dan dapat  membantu pengembangan pondok pesantren.
Kedua,  sukses ketika pulang ke masyarakat,  pertama, dapat  mengamalkan ilmu yang milikinya, baik untuk kepentingan pribadi, seperti  melaksanakan salatlima waktu  dengan sempurna,  melaksanakan puasa dengan sempurna dan juga ibadah ibadah yang lain
Kedua, mengamalkan ilmunya sesuai dengan profesi yang dia kerjakan,  ketika menjadi pedagang maka menjadi pedagang,  mampu melaksanakan perdagangan  sesuai dengan ajaran Islam,  ketika menjadi  pemimpin mampu  menegakkan keadilan dan kebenaran,  sesuai dengan ajaran Islam.
Ketiga,  mengajarkan ilmu yang dimilikinya pada orang lain, baik itu ilmu agama maupun ilmu-ilmu yang. Keempat mempunyai sejahteraan ekonomi, mencukupi segala  kebutuhan dirinya dan keluarganya serta dapat membantu orang lain, dan  dapat memanfaatkan hartanya dalam rangka meninggikan agama Allah yang.
kelima, mampu  menegakkan ajaran Allah SWT,  menegakkan keadilan sesuai dengan ilmu dan jabatan yang dimiliki.

Kiat-Kiat Menjadi Santri Sukses
kiat-kiat untuk  menjadi santri sukses, pertama,  ketika  belajar  niat ikhlas semata-mata mengharapkan ridho Allah SWT,  berniat  meninggikan agama Allah SWT, ber niat  mensyukuri nikmat akal yang sehat dan badan yang sehat.
 Kedua,  menghindari segala perbuatan maksiat,  baik yang dikerjakan oleh hati atau dikerjakan oleh anggota badan.
 Ketiga, beribadah kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala, baik itu ibadah mahdhoh, seperti shalat lima waktu,  puasa Ramadhan,  dan  baca alquran. Atau ibadah hgairu mahdhah,  seperti membantu orang lain, berdakwah dan lain sebagainya. 
Keempat,  melaksanakan undang-undang pondok pesantren secara sempurna. Kelima,  belajar dengan sungguh-sungguh,  baik sendirian maupun  bersama-sama, baik dengan Kyai, ustadz, guru dan launnya.
Keenam, banyak membaca kitab, yang diperlukan atau buku-buku  yang diperlukan. Wallahu A'lam Bis shawab

No comments

Formulir Donasi

KONTAK KAMI

Silahkan isi formulir di bawah ini untuk menghubungi kami

Name

Email

Message