Breaking News

MARAH YANG WIBAWA

Marah yang dilakukan oleh seseorang kadang-kadang membuat wibawanya turun,  bahkan nama baiknya juga tercoreng,  ini disebabkan beberapa hal karena, diantaranya, pertama, ketika marah lepas kontrol, sehingga  menggunakan kata-kata yang kasar, bahkan menghunakan  kata-kata. kotor.
Kedua, sikap yang berlebihan ketika marah.  seperti membentak,  bahkan memukul orang yang dimarahi.
Yang menjadi pertanyaan, bagaimana cara marah yang membawa dan anggun?
 Pertama, ketika marah menghargai dirinya sendiri, sehingga  menggunakan kata-kata yang baik dan redaksi yang baik pula, serta menghindari kata-kata yang dapat  merendahkan dirinya, atau menghindari sikap-sikap yang membuat kehormatan dirinya turun
Kedua.  menghormati orang yang dimarahi,  sikap dan kata yang digunakan seperti  marah kepada orang yang kedudukannya lebih tinggi atau status sosialnya lebih tinggi.
  Ketiga, menjaga kehormatan orang yang dimarahi, dan menjaga supaya dia tetap menghormati pada orang yang marah.
Keempat, tanamkan dalam diri orang yang marah  sikap tawadhu',  sikap rendah hati dan menghindari sikap dan sifat sombong.
Ketika orang itu mampu melakukan empat hal tersebut, yaitu menghormati dirinya,  menghormati orang yang dimarahi,  menjaga kehormatan orang yang  dimarahi dan bersikap tawadu', maka marah yang dilakukannya  membuat dirinya wibawa dan anggun serta tetap dihargai oleh orang lain.@KH.Abdul Wadud Nafis, Lc ( dewan pengawas syari'ah BMS_I )

No comments

Formulir Donasi

KONTAK KAMI

Silahkan isi formulir di bawah ini untuk menghubungi kami

Name

Email

Message