Breaking News

Di Jaman Now Apa Yang Harus kita Jaga

Sering kita dengar manusia akan selamat ketika mampu menjaga lidah,  di dalam pepatah Arab menyatakan  سلامة الانسان في حفظ اللسان (salamatul Insan Fi hifzhil lisan),  manusia selamat dengan  menjaga lidah.

Zaman sekarang adalah zaman now, yaitu  zaman medsos  (media sosial), baik berupa FB, Twitter,  Line, WA dan lain sebagainya. Dengan medsos  manusia mampu berkomunikasi dengan cepat kepada  orang banyak,  misalnya  mampu mengirim tulisan pada orang banyak melalui Facebook, yang isi   tulisannya berupa mengajak persatuan,  mengajak perdamaian,  mengajak berjuang  di jalan Allah. Atau sebaliknya, isinya  ujar kebencian,  fitnah, hoax, dan mengadu domba.

Di zaman now zaman medsos manusia selamat ketika mampu menggunakan jari-jari untuk hal-hal yang positif, dipakai menulis tulisan yang mengajak pada kebenaran,  mengajak kepada keadilan.  mengajak pada persatuan,  mengajak  saling menyayangi dan mencintai.  Dan manusia celaka ketika tangannya  digunakan  menulis atau share  yang isinya ujar kebencian,  memfitnah.  mengadu domba. hoax atau mengenal tulisan atau gambar atau video yang isinya itu mengadu, dan fitnah.

Dengan demikian, hendaknya mampu menggunakan jari-jari menulis atau share tulisan-tulisan yang isinya  mengajak pada kebenaran,  keadilan,  mengajak, ketentraman, persatuan,  mengajak meninggikan agama Allah Subhanahu Wa Ta'ala,  dan menghindari dari menulis yang isinya itu membawa perbuatan maksiat, seperti menghina, mengadu domba. Dan  menghindari dari mengshare tulisan, gambar,  video,  dan lain sebagainya, yang isinya adalah ujar kebencian ujaran kebencian,  mengadu domba,  fitnah, atau berita bohong, yang akan membawa kekacauan akan membawa kegelisahan masyarakat.@KH.Abdul Wadud Nafis Lc ( pengawas syariah BMS_I )

No comments

Formulir Donasi

KONTAK KAMI

Silahkan isi formulir di bawah ini untuk menghubungi kami

Name

Email

Message