Breaking News

Cabang Dinas Kehutanan Kab.Lumajang Gandeng BMS_I dan Raja Giri Jaga Kelestarian Hutan




Hutan di Indonesia adalah termasuk hutan hujan tropis yang sering digambarkan sebagai hutan yang lebat, padahal tidak selalu demikian karena hutan tropis di Indonesia sangat bervariasi mulai dari hutan primer sampai hutan mangroove. Perlu kalian ketahui bahwa potensi sumber daya Hutan Indonesia sangatlah besar, yakni 99.6 juta hektar atau 52,3% dari keseluruhan wilayah Indonesia (menurut data kemenhut 2011) ujar Kepala Cabang Dinas Kehutanan Kab.Lumajang.
Menurut beliau disamping mempunyai nilai ekonomi yang sangat tinggi hutan sangat bermanfaat bagi keberlangsungan hidup manusia misalnya contoh manfaat:
1.Setiap pohon besar mampu memproduksi 4580 oksigen per tahun. Sedangkan seseorang membutuhkan oksigen 2,9 kg/hari yang berarti sekitar 1058,5 kg/tahun. Jadi jika rumah dihuni oleh 4 orang dibutuhkan sekitar 4234 kg oksigen per tahunnya. Ini bisa dipraktekan Dengan menanam 1 pohon besar dipekarangan rumah kalian tentunya kebutuhan oksigen tercukupi dan udara di rumah terasa segar sepanjang tahun.
2. Setiap pohon mempunyai kapasitas mendinginkan udara sama dengan rata-rata 5 unit ac yang dioperasikan selama 20 jam/hari.
3. Setiap hektar hutan dapat menetralisir karbondioksida (CO2) yang diakibatkan oleh 20 kendaraan bermotor. Setiap hektar hutan memiliki potensi untuk mengikat 1000 kg debu per tahun yang diakibatkan oleh polusi udara (debu, asap, aerosol, dll) dan mengolahnya menjadi humus imbuhnya.

Sementara itu ,disela sela sambutannya Ibu Wakil Bupati pada acara pestival Lomba photo Competition "Wana Wisata" Siti Sundari dalam Lensa menyampaikan"
Seandainya masyarakan Burno diarea hutan ini diembargo tidak ada pasokan baik listrik dan pangan dari pemerintah pasti akan mampu bertahan hidup karna disini semua tanaman ada mulai umbi umbian serta tanaman lainnya lengkap dan itu semua bisa dimakan,selain itu disini sudah ada pemberdayaan biogas untuk kebutuhan memasak ujar ibu Ir.Indah Amperawati.

Mantan kepala dinas kehutanan kab.Lumajang menyatakan kita harus menjaga dan melestarikan adapun salah satu caranya sebagai berikut:
Melakukan Reboisasi - Reboisasi adalah salah satu alternatif untuk melestarikan hutan. Kita dapat menanam kembali hutan – hutan yang sudah rusak, sehingga hutan akan tetap terjaga keberadaannya.
Apa yang dilakukan sahabat sahabat Raja giri,BMS_Indonesia dan kawan kawan Lmdh sudah tepat ,kemudian Menerapkan Sistem Tebang Pilih - Pemerintah harus menerapkan sistem tebang pilih dalam menebang pohon. Hal ini dapat mengurangi penebangan hutan secara liar dan dalam jumlah besar – besaran. Selain itu system ini juga berguna untuk masyarakat agar tidak sembarang dalam melakukan penebangan hutan.Menerapkan Sistem Tebang – Tanam - System ini sangat berguna bagi pelestarian hutan. Sistem penebangan hutan yang kemudian diganti dengan menanam hutan yang telah ditebang agar hutan tetap terjaga keberadaannya. Melakuakan Penebangan secara Konservatif - Penebangan secara konservatif adalah penebangan dengan cara menebang pohon yang sudah tidak berproduktif lagi. Jangan sampai pohon yang masih muda dan produktif di tebang.Menerapkan Larangan Penebangan Hutan Secara Sewenang – wenang dan Memberikan Sanksi yang Berat Bagi Pelakunya - Selain masyarakat yang harus menjaga kelestarian hutan, pemerintah juga harus ikut terlibat dalam pelestarian hutan. Pemerintah harus ikut turun tangan dalam pelestarian hutan ini. Sebaiknya, pemerintah juga memberikan sanksi yang berat bagi para pelakunya, yang bisa membuat mereka jera dan tidak melakukan tandasnya.@Agus

No comments

Formulir Donasi Nama : -________________ Alamat :____________ Jumlah Donasi : _____________

KONTAK KAMI

Silahkan isi formulir di bawah ini untuk menghubungi kami

Name

Email

Message